Senin, 06 Januari 2014

3 'Vitamin' Penjaga Kebugaran Motor

Hai, balik lagi nih sama si 'Penulis', hehehe. Oke kali ini kita akan bahas masih tentang dunia motor-motoran atau otomotif deh bahasa kerennya. Yah walau ilmu otomotif penulis masih pas-pasan, tapi kali ini kita akan bahas, Vitamin buat motor. Tunggu, Vitamin buat motor? Pasti anda bertanya-tanya bukan. Ini Vitamin bukan kayak buat orang ya vitaminnya, jangan disamakan ya.

Merawat motor, bisa dibilang gampang-gampang susah. Tapi kalo motor standar mah simpel aja, servis rajin, ganti oli rajin, pokoknya harus rajin, terus bawa motornya ya harus ber-Pri-Kemotoran lah (Apa Sih). Itu saja sebenarnya cukup lah semua untuk kategori merawat motor.

Tapi yah namanya waktu sob, tahun berlalu, motor kita juga kita pakai kemana-mana, ada masanya motor mengalami penurunan kondisi motor. Penulis berpikir, apakah cukup dengan merawat motor dengan cara itu aja? Setelah mutar-mutar baca sana, baca sini, googling sana, googling sini, Penulis mendapatkan suatu referensi untuk menjaga kondisi motor biar lebih prima. Anda Penasaran? Sama Saya Juga. Oke langsung kita cek aja apa sih biar motor prima.

1. Nano Energizer.

Nano Energizer
Bukan bukan baterai Energizer, beda itu ya beda. Penulis baru dengar Nano Energizer ini, apa ya Nano Energizer ini. Jadi gini sob, motor jika dipakai terus menerus silinder itu lama-lama akan terkikis karena panas dan bergesekan dengan piston. Biar kata motor kita normal nih, silinder itu ya lama-lama terkikis sedikit demi sedikit. Itu bisa bikin Kompresi motor itu menurun, atau orang awam bilangnya Kompresinya jadi Kurang Padet, Mad Dog malah bilangnya kompresinya jadi Kurang Greget.

Di Kondisi silinder yang sudah parah, itu bisa akibatkan permukaan silinder atau boringan itu baret-baret atau luka. Ini bisa mengakibatkan performa motor menurun ditambah lagi, bakal ada keluar asep putih dari knalpot karena adanya oli yang lolos dari permukaan silinder melalui celah-celah tersebut dan lolos ke ruang bakar yang mengakibatkan keluar asap putih dari knalpot.

Apa solusinya jika sudah begini, harus kah kita 'Bedah' Mesin? Sebelum bedah mesin, ada baiknya kita mencoba Nano Energizer. Ini bisa dibilang P3K untuk motor yang mengalami ngebul asep putih di knalpot. Cara Kerjanya gimana emang Nano Energizer? Gini sob, Nano Energizer itu berasal dari Korea, dengan Teknologi 'Ceramic Coating'. Nah didalam Nano Energizer ini, terdapat nano particle (partikel super mini) dengan kemampuan Ceramic Coating ini yang larut bersamaan dengan oli mesin.

Tau Dempul kan? yang biasa nambal body mobil? Nah, Nano Energizer ini mempunyai kemampuan seperti dempul tersebut yang berfungsi memoles, menambal dan melapisi permukaan silinder atau boring baik yang cuma baret, luka, tergores, bahkan yang sudah aus. Cara pakai Nano energizer ini cukup mudah kok, dengan mencampurkan 1 sachet dengan oli mesin, kemudian pakailah motor secara biasa. Nah proses pelapisan teknologi 'Ceramic Coating' ini tidak langsung jadi. Butuh proses sekitar 500KM lebih agar proses pelapisan silinder ini melapisi secara sempurna.

Penggunaan Nano Energizer ini, gak harus terus-terusan kok. Hanya cukup 1 Sachet untuk 30.000km, Nano Energizer ini bisa melindungi motor anda. Harganya relatif kok, mungkin sekarang harganya antara Rp 70.000 - 80.000 ya. Pengalaman Penulis gunakan Nano Energizer, Hati tenang, karena mesin dilindungi, ditambah lebih halus dan kompresi motor lebih greget deh.

Penulis merekomendasikan Nano Energizer untuk solusi murah untuk perawatan motor-motor dengan usia yang sudah lanjut. Seperti yang dijelaskan tadi, dalam keadaan kadar baretnya boring tertentu, bisa loh menghilangkan asap putih di knalpot seperti normal kembali. Biar Lebih Jelas, ini ada videonya kok buat disimak.



2. Norival Fuel Enhancer

Contoh Norival
Norival, akan asing di telinga anda, tapi tidak asing di telinga pecinta premium. Norival ini adalah produk Aditif BBM yang berfungsi mendongkrak octan, atau meningkatkan oktan bensin menjadi lebih tinggi. Norival ini terbuat dari Minyak Atsiri, yang sangat aman karena berasal dari alam, atau bisa dibilang Bio Additive.

Norival ini diriset dengan patokan bensin premium, dan di uji beberapa kali baik di laboratorium maupun uji lapangan langsung kepada pengguna kendaraan baik motor maupun mobil yang ternyata mampu meningkatkan kualitas bensin premium. Norival tak hanya peningkat oktan semata saja, karena oktan atau RON itu hanya acuan saja untuk penentuan bahan bakar bensin kendaraan. Selain RON, Norival juga mampu meningkatkan MON, serta punya kemampuan membersihkan bahan bakar dan memperbaiki kualitas kalor dari bahan bakar itu sendiri yang penciptanya sendiri memberi julukan NPC (Norival Perfectum Catalysor).

Cara Pemakaian Norival cukup mudah. Hanya menteteskan 2 tetes norival untuk di campurkan bensin premium 1 liter di tangki bensin motor atau mobil anda. Norival terdiri dari berbagai macam produk, tiap produk itu berbeda fungsinya penggunaannya karena ini berdasarkan kompresi kendaraan itu sendiri. Tidak sama di tiap kendaraan kompresinya. Bahkan 1 botol norival ini bisa digunakan sampai 180 liter bensin loh, edan.

Dengan harga yang ekonomis, kita bisa mendapatkan bensin pertamax plus dengan hanya meneteskan norival ke bensin premium. bisa dibayangkan betapa mahalnya harga pertamax sekarang dibandingkan dengan menggunakan premium + norival ini. Norival dibanderol dengan harga yang berbeda tiap produknya. Untuk Norival Gold (Kompresi 9:1 - 10:1) itu Rp 50.000, Norival Platinum (Kompresi 10:1 - 11:1) Rp 75.000, dan yang spesial Norival Drag Race (Kompresi 9:1 - 11.5:1) Rp 100.000 (Penulis menggunakan Norival Drag Race) untuk tiap botol yang berukuran 12ml.

Jika Pembaca sudah menggunakan Pertamax / Pertamax Plus, Penulis rasa tidak perlu menggunakan Norival ini karena tidak berpengaruh banyak dan tidak ekonomis jika menggunakan Pertamax / Pertamax Plus + Norival. Tapi jika anda memang menggunakan premiun, Norival adalah pilihan tepat jika anda ingin merasakan Premium rasa Pertamax Plus ditambah performa yang makin enteng dari kendaraan anda, mengurangi knocking atau gejala ngelitik pada kendaraan anda, dan masih banyak lagi kemampuan Norival lainnya.

3. Lupromax EA

Lupromax EA
EA EA disini bukan seperti EA EA di acara Tukul Arwana ya, melainkan Lupromax Engine Additive. Lupromax EA ini berasal dari Kanada sob. Pasti bertanya, kan tadi Nano Energizer Additive juga, kok masih harus pake Lupromax EA sih? Karena emang beda fungsi Nano Energizer dengan Lupromax EA ini.

Nano Energizer digunakan hanya 1 kali siklus pegantian oli, dan itu sampai 30.000km sob dan fungsinya Nano itu membantu melapisi silinder dan memulihkan kembali silinder yang sudah aus / baret / rusak. Sedangkan penggunaan Lupromax itu tiap pergantian oli sob, jadi jika 1 bulan sekali ganti oli, maka gunakan lupromax dengan cara mencampurkan langsung ke oli. Kegunaan Lupromax itu lebih mengutamakan mencegah dan memproteksi dari kerusakan silinder yang sudah baret / aus / luka tersebut.

Musuh utama bagi oli mesin memang terutama adalah temperatur tinggi alias suhu panas yang tercipta didalam mesin. Dalam kondisi tekanan dan suhu tinggi, oli yang tadinya kental bisa jadi encer sekali sehingga daya lubrikasinya pun menurun drastis. Semakin berat beban kerja yang ditanggung oli (suhu panas, gesekan rpm tinggi, gram kotoran, uap air, dsb) semakin cepat pula oli tersebut rusak didalam mesin dan kehilangan kemampuan perlindungannya. Kalau sudah begini, silinder dan piston jadi mudah tergores atau baret. Tak aneh, kalo kemudian sering kita dengar istilah ngejim, terutama di motor motor yang sudah bore up atau stroke up, motor mati mendadak karena piston macet akibat pemuaian dan gesekan yang berlebihan.
Nah untuk mengantisipasi kondisi kondisi seperti inilah saya mempercayakan Lupromax EA sebagai treatment antisipasi karena khasiat lupromax yang mampu mendongkrak kemampuan lubrikasi oli secara nyata. Berikut Videonya

Keterangan video:
- Pengujian dilakukan dengan sebuah alat test berstandar Internasional yang dikenal dengan nama TIMKEN LOAD MACHINE. Metode testnya sederhana, pertama sebuah rotor logam berputar, diberikan oli sebagai pelumas lalu ‘digencet’ dengan batang logam penekan yang sudah diberi beban. Grek…! hasilnya langsung ngejim bro. Putaran rotor berhenti seketika. Terlihat bahwa oli dengan kualitas bagus sekalipun ternyata tak mampu meredam efek gesekan yang extrem.
- Pengujian selanjutnya dilakukan dengan menambahkan lupromax EA pada oli tersebut. Setelah cairan lupromax tercampur dengan oli, rotor logam kembali duptar lalu digencet. Dan hasilnya bikin kami semua tercengang saat itu. Bagaimana tidak, rotor logam ternyata tetap sanggup berputar, bahkan ketika beban penghimpitnya ditambah lebih berat lagi.
- Setelah itu dicoba lagi dengan kondisi lebih extrem. Yaitu dengan menguras oli+lupromax sehingga rotor logam berputar tanpa pelumas. Saat rotor kembali digencet – kali ini tanpa oli sama sekali-, efek pelumasan dari lupromax seperti menempel di logam tersebut dan tetap bertahan melindungi kedua logam dari kerusakan akibat gesekan. Perlindungan lupromax juga tetap bekerja saat oli sengaja dirusak dengan cara dicampur air + dibakar dengan api temperatur super panas diatas 450″ celcius. Eduan tenann…oli nya sampai berbusa tercampur air, namun rotor tetap muter saat digencet.
Saking penasarannya saat pertama kali mencoba lupromax di motor, saya sengaja memasangkannya dengan Oli Mineral paling standar untuk FU, yaitu Suzuki Genuine Oil. Pemirsa FUers tentu tau lah bagaimana rasanya oli ini, kan pernah dapet waktu jaman servis gratisan dulu, hehe.

Dan setelah saya gunakan bersama lupromax ternyata memang beda rasanya. Oli murah ini jadi terasa lebih enak. Makin lama dipakai malah makin enak. Suara lebih halus, tarikan motor juga berasa entengan. Sesuai dengan klaim dari produsennya, lupromax menggunakan teknlogi yang disebut HAT (Heat Activation Technology) yang justru memanfaatkan panas untuk mengaktifkan khasiat senyawa lupromax. Hmmm..apalagi bila dipasangkan dengan type oli yang lebih baik, kelas menengah lah misalnya tipe semi syntetik seperti Enduro Racing atau Shell AX7, khasiatnya juga jadi makin afdol.
Sejak itu, sampai sekarang saya mantap memilih lupromax sebagai suplemen rutin untuk mendongkrak kualitas oli yang saya pakai. Dengan harga perbotol lupromax yang hanya 33rb, menurut saya masih ekonomis bila dibandingkan dengan perlindungan yang bisa diberikannya untuk mesin kesayangan. Apalagi untuk motor-motor bore up atau stroke up, saya sangat merekomendasikan lupromax untuk antisipasi resiko ngejim yang kerap kali menghantui.
Sekian artikel tentang 3 Vitamin Penjaga Kebugaran Motor. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa membantu para pembaca yang ada masalah dengan motornya.
Referensi :
www.Satria155.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar